Fans One Direction di Filipina Tanam 5000 Mangrove, Directioners Indonesia Jangan Mau Kalah



Banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta buat band idolanya, mulai dari support setiap konser yang diselenggarakan, membeli merchandise resmi atau membuat acara tribute. Dibandingkan dengan hura-hura, cara para fans One Direction dari Filipina ini punya cara yang unik, membawa bendera 1DPH mereka justru membuat acara yang berkaitan dengan lingkungan dengan melakukan penanaman pohon bakau.
"Kami selaku Directioners ingin memberikan pengaruh yang positif buat para anak muda untuk meingkatkan status Selat Tanon. Dengan menanam bakau kita nggak cuma melindungi lingkungan tapi juga mempertahankan mata pencaharian masyarakat dan memberikan kesempatan bagi generasi mendatang, " ungkap Presiden 1DPH seperti dilansir dari adb.org
Penanaman bakau atau mangrove ini dilakukan pada 24 Januari lalu di kawasan Selat Tanon, provinsi Cebu yang merupakan salah satu kawasan lindung terbesar di Filipina. 11 anggota dari 1DPH berasal dari Manila, Cebu dan Iliolo dan bergabung dengan 150 partner lain dari Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam, organisasi masyarakat dan pemerintah daerah setempat.
Fans One Direction Filipina Tanam Bakau
Acara ini merupakan kerjasama antara One Direction fans club yang ada di Filipina dan proyek lingkungan yang didanai Asian Development Bank untuk pengelolaan sumber daya kawasan pesisir dan laut di kawasan terumbu karang di Asia tenggara atau Coral Triangle-Southeast Asia (CTI-SEA). Sebanyak 5000 pohon bakau ditanam pada acara yang berjudul "A1D: Mangroves for Mankind event".
Melalui kegiatan in para directioners Filipina ini ingin memuat anak muda untuk lebih peduli pada lingkungan Selat Tanon sejak hutan bakau dikawasan itu terancam karena tekanan penduduk. Pada tahun 2013 diperkirakan cuma 5000 hektar hutan bakau yang bertahan atau sekitar 0,01 % area aja yang tertutup hutan bakau dari total 518.000 hektar di kawasan tersebut. Penanaman bakau mulai dipromosikan oleh CTI-SEA sebagai salah satu dari beberapa tindakan adaptasi perubahan iklim bagi masyarakat pesisir untuk melindungi tanah dari angin kencang, gelombang dan badai.
Nggak cuma melakukan penanaman bakau, para fans One Direction ini juga melakukan penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan 6.000 peso atau setara dengan USD $ 150 dari penjualan kaos yang mereka desain pada anggota 1DPH lainnya. Sejumlah uang ini di donasikan pada Bonbon Fishermen’s Association sebuah arganisasi masyarakat yang bekerjasama dengan Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam yang akan memanfaatkan dana tersebut untuk mengelola lokasi penanaman tersebut.
Wah keren yah yang dilakukan sama fans One Direction di Filipina, kayaknya Directioners di Indonesia harus nyontek kegiatan sosial-lingkungan serupa nih.

0 komentar:

Posting Komentar